kerajaan singasari
Sejarah Singkat Kerajaan Singasari
adalah salah satu kerajaan di Jawa yang letak kerajaanya ada di daerah
Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pendiri kerajaan Singasari
adalah Ken Arok, pada tahun 1222 M. Berdirinya kerajaan singasari ini adalah
berawal dari kerajaan Tumapel yang dikuasai oleh seorang akuwu ( bupati ).
Kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaan ketika dipimpin oleh Raja
Kertanegara (1268-1292) yang bergelar Maharajadhiraja Kertanegara Wikrama
Dharmottunggadewa.
Ken Arok sebagai raja pertama Kerajaan Singasari bergelar Sri Ranggah Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi dan dinastinya bernama Dinasti Girindrawangsa (Dinasti Keturunan Siwa). Pendirian dinasti ini bertujuan menghilangkan jejak tentang siapa sebenarnya Ken Arok dan mengapa ia berhasil mendirikan kerajaan. Di samping itu, agar keturunan-keturunan Ken Arok (bila suatu saat menjadi raja besar) tidak ternoda oleh perilaku dan tindakan kejahatan yang pemah dilakukan oleh Ken Arok. Raja Ken Arok memerintah pada tahun 1222-1227 M. Masa pemerintahan Ken Arok diakhiri secara tragis, saat ia dibunuh oleh kaki tangan Anusapati, yang merupakan anak tirinya (anak Ken Dedes dengan suami pertamanya Tunggul Ametung). Keruntuhan kerajaan singasari di awali dari Kerajaan Singasari yang sibuk mengirimkan angkatan perangnya ke luar Jawa dan akhirnya mengalami keropos di bagian dalam. Pada tahun 1292 terjadi pemberontakan Jayakatwang bupati Gelanggelang, yang merupakan sepupu, sekaligus ipar, sekaligus besan dari Kertanagara sendiri. Dalam serangan itu Kertanagara mati terbunuh. Setelah runtuhnya Singasari, Jayakatwang menjadi raja dan membangun ibu kota baru di Kadiri. Riwayat Kerajaan Tumapel-Singasari pun berakhir.
Keberadaan
Kerajaan Singosari dibuktikan melalui candi-candi yang banyak ditemukan
di Jawa Timur yaitu daerah Singosari sampai Malang, juga melalui kitab sastra
peninggalan zaman Majapahit yang berjudul Negarakertagama karangan Mpu Prapanca
yang menjelaskan tentang raja-raja yang memerintah di Singosari serta kitab
Pararaton yang juga menceritakan riwayat Ken Arok yang penuh keajaiban. Kitab
Pararaton isinya sebagian besar adalah mitos atau dongeng tetapi dari kitab
Pararatonlah asal usul Ken Arok menjadi raja dapat diketahui. Sebelum menjadi
raja, Ken Arok berkedudukan sebagai Akuwu (Bupati) di Tumapel menggantikan
Tunggul Ametung yang dibunuhnya, karena tertarik pada Ken Dedes istri Tunggul
Ametung. Selanjutnya ia berkeinginan melepaskan Tumapel dari kekuasaan kerajaan
Kadiri yang diperintah oleh Kertajaya. Keinginannya terpenuhi setelah kaum
Brahmana Kadiri meminta perlindungannya. Dengan alasan tersebut, maka tahun
1222 M /1144 C Ken Arok menyerang Kediri, sehingga Kertajaya mengalami
kekalahan pada pertempuran di desa Ganter. Ken Arok yang mengangkat dirinya
sebagai raja Tumapel bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi.
·
A. SISTEM
PEMERINTAHAN KERAJAAN SINGASARI
Ada dua versi yang menyebutkan silsilah kerajaan Singasari alias Tumapel ini. Versi pertama adalah versi Pararaton yang informasinya didapat dari Prasasti Kudadu. Pararaton menyebutkan Ken Arok adalah pendiri Kerajaan Singasari yang digantikan oleh Anusapati (1247–1249 M). Anusapati diganti oleh Tohjaya (1249–1250 M), yang diteruskan oleh Ranggawuni alias Wisnuwardhana (1250–1272 M). Terakhir adalah Kertanegara yang memerintah sejak 1272 hingga 1292 M. Sementara pada versi Negarakretagama, raja pertama Kerajaan Singasari adalah Rangga Rajasa Sang Girinathapura (1222–1227 M). Selanjutnya adalah Anusapati, yang dilanjutkan Wisnuwardhana (1248–1254 M). Terakhir adalah Kertanagara (1254–1292 M). Data ini didapat dari prasasti Mula Malurung.
1. Ken Arok (1222–1227 M)
Pendiri Kerajaan Singasari adalah Ken Arok yang sekaligus juga menjadi Raja Singasari yang pertama dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Munculnya Ken Arok sebagai raja pertama Singasari menandai munculnya suatu dinasti baru, yakni Dinasti Rajasa (Rajasawangsa) atau Girindra (Girindrawangsa). Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun (1222–1227 M). Pada tahun 1227 M, Ken Arok dibunuh oleh seorang suruhan Anusapati (anak tiri Ken Arok). Ken Arok dimakamkan di Kegenengan dalam bangunan Siwa–Buddha.
Ada dua versi yang menyebutkan silsilah kerajaan Singasari alias Tumapel ini. Versi pertama adalah versi Pararaton yang informasinya didapat dari Prasasti Kudadu. Pararaton menyebutkan Ken Arok adalah pendiri Kerajaan Singasari yang digantikan oleh Anusapati (1247–1249 M). Anusapati diganti oleh Tohjaya (1249–1250 M), yang diteruskan oleh Ranggawuni alias Wisnuwardhana (1250–1272 M). Terakhir adalah Kertanegara yang memerintah sejak 1272 hingga 1292 M. Sementara pada versi Negarakretagama, raja pertama Kerajaan Singasari adalah Rangga Rajasa Sang Girinathapura (1222–1227 M). Selanjutnya adalah Anusapati, yang dilanjutkan Wisnuwardhana (1248–1254 M). Terakhir adalah Kertanagara (1254–1292 M). Data ini didapat dari prasasti Mula Malurung.
1. Ken Arok (1222–1227 M)
Pendiri Kerajaan Singasari adalah Ken Arok yang sekaligus juga menjadi Raja Singasari yang pertama dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Munculnya Ken Arok sebagai raja pertama Singasari menandai munculnya suatu dinasti baru, yakni Dinasti Rajasa (Rajasawangsa) atau Girindra (Girindrawangsa). Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun (1222–1227 M). Pada tahun 1227 M, Ken Arok dibunuh oleh seorang suruhan Anusapati (anak tiri Ken Arok). Ken Arok dimakamkan di Kegenengan dalam bangunan Siwa–Buddha.
·
2.
Anusapati (1227–1248 M)
Dengan meninggalnya Ken Arok maka takhta Kerajaan Singasari jatuh ke tangan Anusapati. Dalam jangka waktu pemerintahaannya yang lama, Anusapati tidak banyak melakukan pembaharuan-pembaharuan karena larut dengan kesenangannya menyabung ayam. Peristiwa kematian Ken Arok akhirnya terbongkar dan sampai juga ke Tohjoyo (putra Ken Arok dengan Ken Umang). Tohjoyo mengetahui bahwa Anusapati gemar menyabung ayam sehingga diundangnya Anusapati ke Gedong Jiwa (tempat kediamanan Tohjoyo) untuk mengadakan pesta sabung ayam. Pada saat Anusapati asyik menyaksikan aduan ayamnya, secara tiba-tiba Tohjoyo menyabut keris buatan Empu Gandring yang dibawanya dan langsung menusuk Anusapati. Dengan demikian, meninggallah Anusapati yang didharmakan di Candi Kidal.
Dengan meninggalnya Ken Arok maka takhta Kerajaan Singasari jatuh ke tangan Anusapati. Dalam jangka waktu pemerintahaannya yang lama, Anusapati tidak banyak melakukan pembaharuan-pembaharuan karena larut dengan kesenangannya menyabung ayam. Peristiwa kematian Ken Arok akhirnya terbongkar dan sampai juga ke Tohjoyo (putra Ken Arok dengan Ken Umang). Tohjoyo mengetahui bahwa Anusapati gemar menyabung ayam sehingga diundangnya Anusapati ke Gedong Jiwa (tempat kediamanan Tohjoyo) untuk mengadakan pesta sabung ayam. Pada saat Anusapati asyik menyaksikan aduan ayamnya, secara tiba-tiba Tohjoyo menyabut keris buatan Empu Gandring yang dibawanya dan langsung menusuk Anusapati. Dengan demikian, meninggallah Anusapati yang didharmakan di Candi Kidal.
·
3. Tohjoyo
(1248 M)
Dengan meninggalnya Anusapati maka tahta Kerajaan Singasari dipegang oleh Tohjoyo. Namun, Tohjoyo memerintah Kerajaan Singasari tidak lama sebab anak Anusapati yang bernama Ranggawuni berusaha membalas kematian ayahnya. Dengan bantuan Mahesa Cempaka dan para pengikutnya, Ranggawuni berhasil menggulingkan Tohjoyo dan kemudian menduduki singgasana.
Dengan meninggalnya Anusapati maka tahta Kerajaan Singasari dipegang oleh Tohjoyo. Namun, Tohjoyo memerintah Kerajaan Singasari tidak lama sebab anak Anusapati yang bernama Ranggawuni berusaha membalas kematian ayahnya. Dengan bantuan Mahesa Cempaka dan para pengikutnya, Ranggawuni berhasil menggulingkan Tohjoyo dan kemudian menduduki singgasana.
·
4.
Ranggawuni (1248–1268 M)
Ranggawuni naik takhta Kerajaan Singasari pada tahun 1248 M dengan gelar Sri Jaya Wisnuwardana oleh Mahesa Cempaka (anak dari Mahesa Wongateleng) yang diberi kedudukan sebagai ratu angabhaya dengan gelar Narasinghamurti. Ppemerintahan Ranggawuni membawa ketenteraman dan kesejahteran rakyat Singasari. Pada tahun 1254 M Wisnuwardana mengangkat putranya yang bernama Kertanegara sebagai yuwaraja (raja muda) dengan maksud mempersiapkannya menjadi raja besar di Kerajaan Singasari. Pada tahun 1268 Wisnuwardanameninggal dunia dan didharmakan di Jajaghu atau Candi Jago sebagai Buddha Amogapasa dan di Candi Waleri sebagai Siwa.
5. Kertanegara (1268-1292 M)
Kertanegara adalah Raja Singasari terakhir dan terbesar karena mempunyai cita-cita untuk menyatukan seluruh Nusantara. Ia naik takhta pada tahun 1268 dengan gelar Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara. Dalam pemerintahannya, ia dibantu oleh tiga orang mahamentri, yaitu mahamentri i hino, mahamentri i halu, dan mahamenteri i sirikan. Untuk dapat mewujudkan gagasan penyatuan Nusantara, ia mengganti pejabat-pejabat yang kolot dengan yang baru, seperti Patih Raganata digantikan oleh Patih Aragani. Banyak Wide dijadikan Bupati di Sumenep (Madura) dengan gelar Aria Wiaraja. Setelah Jawa dapat diselesaikan, kemudian perhatian ditujukan ke daerah lain. Kertanegara mengirimkan utusan ke Melayu yang dikenal dengan nama Ekspedisi Pamalayu 1275 yang berhasil menguasai Kerajaan Melayu. Hal ini ditandai dengan pengirimkan Arca Amoghapasa ke Dharmasraya atas perintah Raja Kertanegara.
Selain menguasai Melayu, Singasari juga menaklukan Pahang, Sunda, Bali, Bakulapura (Kalimantan Barat), dan Gurun (Maluku). Kertanegara juga menjalin hubungan persahabatan dengan raja Champa,dengan tujuan untuk menahan perluasaan kekuasaan Kubilai Khan dari Dinasti Mongol. Kubilai Khan menuntut raja-raja di daerah selatan termasuk Indonesia mengakuinya sebagai yang dipertuan. Kertanegara menolak dengan melukai muka utusannya yang bernama Mengki. Tindakan Kertanegara ini membuat Kubilai Khan marah besar dan bermaksud menghukumnya dengan mengirimkan pasukannya ke Jawa. Mengetahui sebagian besar pasukan Singasari dikirim untuk menghadapi serangan Mongol maka Jayakatwang (Kediri) menggunakan kesempatan untuk menyerangnya. Serangan dilancarakan dari dua arah, yakni dari arah utara merupakan pasukan pancingan dan dari arah selatan merupakan pasukan inti.
Ranggawuni naik takhta Kerajaan Singasari pada tahun 1248 M dengan gelar Sri Jaya Wisnuwardana oleh Mahesa Cempaka (anak dari Mahesa Wongateleng) yang diberi kedudukan sebagai ratu angabhaya dengan gelar Narasinghamurti. Ppemerintahan Ranggawuni membawa ketenteraman dan kesejahteran rakyat Singasari. Pada tahun 1254 M Wisnuwardana mengangkat putranya yang bernama Kertanegara sebagai yuwaraja (raja muda) dengan maksud mempersiapkannya menjadi raja besar di Kerajaan Singasari. Pada tahun 1268 Wisnuwardanameninggal dunia dan didharmakan di Jajaghu atau Candi Jago sebagai Buddha Amogapasa dan di Candi Waleri sebagai Siwa.
5. Kertanegara (1268-1292 M)
Kertanegara adalah Raja Singasari terakhir dan terbesar karena mempunyai cita-cita untuk menyatukan seluruh Nusantara. Ia naik takhta pada tahun 1268 dengan gelar Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara. Dalam pemerintahannya, ia dibantu oleh tiga orang mahamentri, yaitu mahamentri i hino, mahamentri i halu, dan mahamenteri i sirikan. Untuk dapat mewujudkan gagasan penyatuan Nusantara, ia mengganti pejabat-pejabat yang kolot dengan yang baru, seperti Patih Raganata digantikan oleh Patih Aragani. Banyak Wide dijadikan Bupati di Sumenep (Madura) dengan gelar Aria Wiaraja. Setelah Jawa dapat diselesaikan, kemudian perhatian ditujukan ke daerah lain. Kertanegara mengirimkan utusan ke Melayu yang dikenal dengan nama Ekspedisi Pamalayu 1275 yang berhasil menguasai Kerajaan Melayu. Hal ini ditandai dengan pengirimkan Arca Amoghapasa ke Dharmasraya atas perintah Raja Kertanegara.
Selain menguasai Melayu, Singasari juga menaklukan Pahang, Sunda, Bali, Bakulapura (Kalimantan Barat), dan Gurun (Maluku). Kertanegara juga menjalin hubungan persahabatan dengan raja Champa,dengan tujuan untuk menahan perluasaan kekuasaan Kubilai Khan dari Dinasti Mongol. Kubilai Khan menuntut raja-raja di daerah selatan termasuk Indonesia mengakuinya sebagai yang dipertuan. Kertanegara menolak dengan melukai muka utusannya yang bernama Mengki. Tindakan Kertanegara ini membuat Kubilai Khan marah besar dan bermaksud menghukumnya dengan mengirimkan pasukannya ke Jawa. Mengetahui sebagian besar pasukan Singasari dikirim untuk menghadapi serangan Mongol maka Jayakatwang (Kediri) menggunakan kesempatan untuk menyerangnya. Serangan dilancarakan dari dua arah, yakni dari arah utara merupakan pasukan pancingan dan dari arah selatan merupakan pasukan inti.
·
Pasukan Kediri dari arah selatan
dipimpin langsung oleh Jayakatwang dan berhasil masuk istana dan menemukan
Kertanagera berpesta pora dengan para pembesar istana. Kertanaga beserta
pembesar-pembesar istana tewas dalam serangan tersebut. Ardharaja berbalik
memihak kepada ayahnya (Jayakatwang), sedangkan Raden Wijaya berhasil
menyelamatkan diri dan menuju Madura dengan maksud minta perlindungan dan
bantuan kepada Aria Wiraraja. Atas bantuan Aria Wiraraja, Raden Wijaya mendapat
pengampunan dan mengabdi kepada Jayakatwang. Raden Wijaya diberi sebidang tanah
yang bernama Tanah Tarik oleh Jayakatwang untuk ditempati. Dengan gugurnya
Kertanegara maka Kerajaan Singasari dikuasai oleh Jayakatwang. Ini berarti
berakhirnya kekuasan Kerajaan Singasari. Sesuai dengan agama yang dianutnya,
Kertanegara kemudian didharmakan sebagai Siwa––Buddha (Bairawa) di Candi
Singasari. Arca perwujudannya dikenal dengan nama Joko Dolog yang sekarang
berada di Taman Simpang, Surabaya.
PERKEMBANGAN BUDAYA
Dalam masa kehidupannya yang relatif singkat, yaitu selama 70 tahun
(1222-1292) maka Kerajaan Singasari telah menghasilkan kaiya-karya
budaya yang banyak dan mengagumkan. Karya-karya tersebut berupa candi
maupun Arca-arca yang berada di dalam dan sekitarnya yang apabila
diidentifikasikan atribut-atributnya maka akan dijumpai
karakteristik/ciri-ciri khas seni dari zaman Singasari. Dari sinilah
nanti yang ingin dikembangkan sebagai ciri-ciri khusus Pengantin Malang
Keputren.
Adapun candi-candi serta arca-arcanya yang berasal dari zaman Singasari yang akan dijadikan rujukan:
CANDI KIDAL
Seperti telah diketahui bahwa candi ini merupakan Dharma dari Raja
Anusapati, dalam arca perwujudan sebagai Siwa. Arca Siwa ini sekarang
tidak berada ditempat, namun disimpan di Museum Royal Tropical Institut
di Amsterdam. Sebagai perwujudan dari Dewa maka patung ini memiliki
empat tangan. Tangan kedewataan yaitu dua tangan dibelakang memegang
camara dan aksamala (Tasbih), sedang dua tangan yang didepak (tangan
manusianya) memegang bunga padma. Di kanan kiri patung tersebut terdapat
bunga padma yang sedang mekar yang keluar dari umbinya.
Di atas pintu masuk candi terdapat relief kala yang di atasnya
terdapat tumbuhan yang menggambarkan nirwana yang disebut pohon
parijata. Selain itu di Candi Kidal juga terdapat relief Garuda, yang
menggambarkan salah satu adegan dari cerita Garudeya. Cerita ini
memaparkan peijuangan Garuda untuk membebaskan ibunya yaitu sang Winata
dari perbudakan saudaranya yaitu Kadru Dalam upaya tersebut Garuda
berhasil memperoleh amrta (air kehidupan) sebagai penebus ibunya. Model
hiasan kendi di sini dapat dijadikan sumber untuk peralatan upacara
adat.
CANDI JAJAGHU (JAGO)
Raja Wisnuwardhana di Dharmakan di Candi Jajaghu dalam perwujudan
sebagai Budha. Candi ini diperkirakan selesai dibangun tahun 1280 yaitu
tepat 12 (dua belas) tahun setelah wafatnya. Upacara 12 tahun sesudah
seorang raja wafat disebut upacara Craddha.
Candi ini mengandung unsur sinkretis antara Hindu dan Budha,
karena rellefoya terdapat baik cerita dari agama Hindu (Prathayjna, Arjuna
JViwaha, Kresnayana) maupun cerita dari agama Budha (Kunjarakarna).
Dari penggambaran relief-reliefnya ini didapati keunikan-keunikannya
antara lain terdapatnya tokoh ponokawan yang selalu mendampingi seorang
ksatria, serta bentuk relief yang menyerupai wayang yaitu penggambaran
tokoh dengan badan berbentuk miring yang tiga perempat wajahnya
kelihatan. Dari wajah serta ornamentasi relief-reliefnya dapat
ditelusuri pola asesori yang dipakainya untuk menunjukkan status dari
seorang tokoh.
Selain itu juga terdapat empat arca yang merupakan tokoh dhajani
Budha dan empat tara yaitu Cyamatara, Sudhanakumara, Hayagriva dan
Bhrkuti. Sebagai suatu contoh dapat dikemukakan bahwa pada arca Bhrkuti
adalah memiliki empat tangan. Dua tangan yang didepan (sebagai tangan
manusia) pada tangan yang kiri memegang kamandalu atau kendi. Bentuk
kendinya sangat bagus. Di samping busananya, lipatan kain yang tipis
sangat menakjubkan serta sabuk yang penuh hiasan. Di kanan kiri patung
ini terdapat bunga padma yang sedang mekar yang keluar dari umbinya.
CANDI SINGASARI
Candi ini terletak di Kecamatan Singasari Kabupaten Malang, kurang
lebih 12 km arah utara Kota Malang. Raja Kertanagara setelah wafat
abunya diperabukan di dua tempat yaitu di Candi Jawi di dekat Tretes,
Kabupaten Pasuruan dan yang lain di Candi Singasari.
Candi ini bersifat siwaistis, terlihat dari Dewa dan Dewi keluarga
Siwa yang menghuni bilik-bilik candi yaitu Arca Dewi
Durgamahisasuramardhini, Ganeca, Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru (Agastya).
Namun patung-patung ini sekarang tidak ada ditempatnya, sudah lama
diboyong ke museum Leiden di Negeri Belanda, kecuali arca Siwa Mahaguru.
Arca-arca tersebut diambil dari tempatnya tahun 1804 dan di bawa ke
Nederland tahun 1819, sebagai koleksi Museum Leiden untuk menunjukkan
kepada pengunjung-pengunjung Eropa betapa indahnya patung Jawa-Hindu.
Arca-arca yang terdapat di kompleks candi ini pun menunjukkan
tanda-tanda khas Singasari yaitu di kanan kiri tokoh/arca tersebut
terdapat hiasan lotus/bunga padma yang sedang mekar yang keluar dari
umbinya.
Demikian pula arca yang indah yang berasal dari salah satu Candi
Singasari (diperkirakan dahulu Candi Singasari terdiri dari beberapa
Candi) yang dikenal dengan patung Prajnaparamita. Patung ini merupakan
lambang kebijaksanaan dari agama Budha, dengan sikap tangan
Dharmacakramudra (memutar roda dunia). Tanda utama yang lain adalah
sebuah buku yang diletakkan di atas 4otus/padma. Seperti patung-patung
lainnya dari periode
Jawa Timur, patung ini dapat ditafsirkan sebagai patung seorang Raja
Putri, yang dalam kaitan ini dihubungkan dengan tokoh Ken Dedes. Pitung
yang sangat indah ini disimpan di Museum Leiden, namun sejak periode
90-an telah dikembalikan ke Indonesia dan sekarang menjadi penghuni
Museum Pusat Jakarta. Dari patung ini dapat diketahui betapa indahnya
asesori yang melekat pada tubuhnya.
Dari pelbagai sumber di atas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa tanda-
tanda khas dari periode Singasari adalah bunga padma yang sedang mekar
yang keluar (berasal) dari umbinya bukan dari Vas seperti dari periode
Majapahit. Karenanya Harpi Melati Kabupaten Malang menjadikan ciri khas
ini yaitu bunga padma (lotus) yang keluar dari umbinya dengan segala
variasinya dijadikan dasar untuk mengembangkan tata rias dan tata busana
Pengantin Malang Kaputren.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar